Menu

Senin, 10 September 2018

Pembelajaran I Unsur-Unsur Tata Letak

Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-Dasar Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detail, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai gagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-Dasar Tenik Komputer dan Informatik. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang
4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang.

Gambar 1.1 Unsur-unsur tata letak
Sumber : http://blog.iscreativeworks.com/idealist/designing-layout-like-a-pro 

Tata letak sama dengan layout pada sebuah karya desain grafis. Tata letak dapat digunakan untuk majalah/koran/buku. Layout berarti tata letak teks dan gambar, tidak hanya sekedar menyusun sebuah desain, namun tata letak memiliki tujuan tertentu. Tujuan dari layout tersebut agar pembaca mudah dan enak membaca informasi yang dimuat. Selain itu isi pesan dapat tersampaikan 100% Layout harus disesuaikan dengan informasi dan target pembacanya sebagai contoh : sebuah layout yang memiliki beragam warna dapat digunakan untuk membuat iklan dengan target pembaca yaitu anak muda dan remaja untuk mengetahui apa saja unsur-unsur yang digunakan dalam desain grafis mari kita mempelajari materi yang akan dibahas pada bab ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ads2